Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 3 Fase B Kurikulum Merdeka

Kami akan membagikan modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas 3 SD/MI fase B dalam kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka merupakan inovasi pertama yang diperkenalkan pemerintah Indonesia untuk memberikan keleluasaan bagi sekolah dan guru dalam memperbaiki sistem pendidikan. Kurikulum ini menekankan pada pengembangan keterampilan dan karakter siwa sekaligus memberikan kesempatan kreativitas dan inovasi dalam pengajaran. Bagian penting dari kurikulum merdeka adalah penggunaan modul ajar yang dirancang untuk membantu guru menyampaikan pembelajaran secara terorganisir dan efektif.

Modul ajar Bahasa Inggris kelas 3 fase B kurikulum merdeka

Modul ajar adalah perangkat pembelajaran yang memuat strategi dan perangkat pembelajaran terstruktur. Dalam kurikulum merdeka, modul ajar berperan penting dalam membantu guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Modul ajar ini mencakup berbagai aspek pengajaran meliputi tujuan pembelajaran, bahan ajar, metode pengajaran serta penilaian dan evaluasi. 

Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran mempunyai peran penting dalam kurikulum merdeka, terutama ketika kita menghadapi masa di mana kemampuan Bahasa Inggris telah menjadi salah satu keterampilan yang paling penting. Pengenalan dasar-dasar keterampilan Bahasa Inggris siswa, meliputi keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis pada bahasa Inggris kelas 3 SD/MI fase B. 

Kurikulum merdeka merupakan langkah penting dalam reformasi pendidikan di Indonesia, yang berupaya menciptakan pendidikan revolusioner, berpusat pada siswa, dan berbasis kompetensi. Gagasan utama kurikulum yang dipersonalisasi adalah memberikan kebebasan kepada sekolah dan guru untuk membuat kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa serta lingkungan. Hal ini dicapai dengan mengurangi beban administrasi dan memberikan peluang kreativitas dan inovasi dalam proses pembelajaran. 

Pembelajaran dalam kurikulum merdeka tidak hanya sekedar belajar, namun juga mengembangkan keterampilan abad 21 seperti berpikir kritis, kreativitas, komunikasi dan kolaborasi. Kurikulum juga menekankan pentingnya pengembangan karakter, mengintegrasikan prinsip-prinsip Pancasila dan budaya lokal ke dalam kurikulum. Oleh karena itu, kurikulum merdeka berupaya untuk mendidik siswa yang tidak hanya berkualitas secara akademis, namun juga memiliki karakter yang kuat dan siap menghadapi tantangan global. 

Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran penting dalam kurikulum merdeka, mengingat pentingnya kemampuan Bahasa Inggris di dunia. Tujuan pembelajaran Bahasa Inggris di kelas 3 SD/MI fase B adalah agar siswa memperoleh keterampilan dasar Bahasa Inggris, yang menjadi dasar untuk mempelajari bahasa tersebut pada tingkat yang lebih tinggi. Pada kurikulum merdeka, pembelajaran bahasa Inggris menitikberatkan pada keterampilan komunikasi dan pemahaman tertulis. Tujuannya agar siswa mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dalam situasi sehari-hari. Ini mencakup kemampuan mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Siswa diminta untuk aktif terlibat dalam berbagai aktivitas yang memerlukan penggunaan Bahasa Inggris, seperti percakapan sederhana, mendengarkan cerita, membaca teks pendek, dan menulis kalimat sederhana. 

Pembelajaran Bahasa Inggris di kelas 3 SD/MI fase B digunakan untuk menggabungkan empat keterampilan berbahasa: mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Siswa diajarkan untuk memahami instruksi bahasa Inggris sederhana, percakapan dan cerita pendek.

Siswa diminta terlibat dalam percakapan sederhana, memperkenalkan, menyebutkan suatu benda, mengungkapkan perasaan atau pikiran sederhana. Siswa belajar membaca kata, frasa, dan kalimat sederhana serta memahami arti singkatan. Siswa diminta menulis kata, frasa, dan kalimat sederhana untuk membangun landasan keterampilan menulis yang lebih kompleks di masa depan. 

Dalam materi pembelajaran Bahasa Inggris kelas 3 SD/MI fase B kurikulum merdeka semester 1, siswa akan fokus mempelajari fried chicken, noodle, rice, meatball, etc. I like ….  You like …. I don’t like …. Do you like …? Yes, I like it. No, I don’t like it. Made likes …. He likes …. He doesn’t like ….  Cici likes …. She likes .…  She doesn’t like …. Joshua has breakfast. They have lunch. Joshua and his family have dinner. Cici’s family have … for breakfast. Swimming, reading, …. Cici likes singing. Do you like swimming? Does Made like …? Monday, Tuesday, …. I like … on …. What do you like doing on …?

Sedangkan untuk materi Bahasa Inggris kelas 3 SD/MI fase B kurikulum merdeka semester 2, siswa akan fokus mempelajari  is it the canteen? Canteen, classroom, library, prayer room, restroom, schoolyard, computer laboratory, office. Where is the library? In, on , under, beside, between, behind, in front of. Simple present. Study, teach, drink, eat, pray, play, read and write. Adjective. Large, clean, narrow, small, big, dirty, wide. Numbers  21–50. Twenty-one, Twentytwo. There are … books on the self.

Pembelajaran Bahasa Inggris dalam kurikulum merdeka yang menggunakan metode interaktif dan kontekstual. Siswa diajak belajar dari berbagai kegiatan menarik yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran Bahasa Inggris diintegrasikan ke dalam topik-topik yang dekat dengan kehidupan siswa, seperti keluarga, sekolah, kegiatan rekreasi dan lingkungan. Ini membantu siswa untuk memahami dan menggunakan bahasa dengan mudah. 

Kegiatan pembelajaran dirancang untuk membuat siswa tetap aktif, seperti permainan bahasa, musik, cerita dan kegiatan kelompok. Kegiatan tersebut tidak hanya meningkatkan kemampuan berbahasa, namun juga meningkatkan harga diri dan keterampilan sosial siswa. 

Kurikulum merdeka juga mendukung pemanfaatan teknologi dan media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris. Penggunaan video, audio, alat pembelajaran, dan sumber daya digital lainnya dapat membantu siswa lebih memahami dan belajar dengan cara yang lebih menyenangkan dan efektif. Teknologi juga memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri dan dengan kecepatan mereka sendiri. 

Dengan mengikuti pendekatan yang berpusat pada siswa, pembelajaran Bahasa Inggris pada kurikulum merdeka kelas 3 SD/MI fase B diharapkan dapat membekali siswa dengan landasan kemampuan berbahasa yang kuat untuk mempersiapkan mereka melanjutkan pembelajaran bahasa pada tingkat tinggi dan tantangan era global. 

Modul ajar Bahasa Inggris kelas 3 SD/MI fase B dalam kurikulum merdeka dirancang dengan tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur. Tujuan utama dari modul ajar ini adalah untuk membekali siswa dengan kemampuan dasar Bahasa Inggris seperti mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Secara khusus, tujuan pembelajaran modul ajar ini meliputi pemahaman instruksi sederhana, cerita pendek dan percakapan bahasa Inggris sehari-hari. 

Siswa dapat berpartisipasi dalam percakapan sederhana, memperkenalkan diri, dan mengungkapkan pikiran atau perasaannya dalam Bahasa Inggris. Siswa dapat membaca dan memahami kata, frasa, dan kalimat sederhana dalam teks pendek. Siswa dapat menulis kata, frasa, dan kalimat yang terstruktur dengan baik. 

Secara umum dapat dikatakan bahwa modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas 3 SD/MI fase B dalam kurikulum merdeka merupakan sarana yang sangat penting dalam menunjang pendidikan yang bermutu dan berkelanjutan. Dengan menerapkan metode pengajaran yang baik, mereka berharap siswa akan menguasai keterampilan dasar Bahasa Inggris, siap untuk terus belajar bahasanya di tingkat yang lebih tinggi, dan memikirkan tantangan internasional yang akan dihadapi di masa depan.

Berikut ini file modul ajar Bahasa Inggris kelas 3 SD/MI fase B kurikulum merdeka untuk semester 1 dan 2 dalam bentuk doc/word yang bisa anda download:

Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 3 Fase B Unit 1  DOWNLOAD

Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 3 Fase B Unit 2  DOWNLOAD

Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 3 Fase B Unit 3  DOWNLOAD

Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 3 Fase B Unit 4  DOWNLOAD

Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 3 Fase B Unit 5  DOWNLOAD

Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 3 Fase B Unit 6  DOWNLOAD

Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 3 Fase B Unit 7  DOWNLOAD

Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 3 Fase B Unit 8  DOWNLOAD

Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 3 Fase B Unit 9  DOWNLOAD

Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 3 Fase B Unit 10  DOWNLOAD


Silahkan download juga modul ajar kurikulum merdeka lainnya: